Efek Pijatan untuk Mengurangi Nyeri Otot

Nyeri otot adalah suatu kejadian yang menyebabkan otot kamu tegang dan bengkak, sehingga membutuhkan suatu cara yang dapat mengurangi hal tersebut. Nyeri otot atau mialgia adalah suatu hal yang sangat umum terjadi dan hampir setiap orang pernah merasakan hal ini. Dikarenakan semua bagian tubuh terdapat jaringan otot, maka nyeri otot dapat terjadi pada semua bagian tubuh. Umumnya, setiap orang yang mengalami nyeri otot dapat dengan mudah mengetahui hal yang dapat menyebabkannya. Kebanyakan nyeri otot diakibatkan oleh otot-otot yang terlalu stres, otot yang tegang, atau terlalu banyak melakukan aktivitas fisik.

Ketika mengalami nyeri otot pada salah satu bagian tubuh. Salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pijatan relaksasi. Pijat membantu relaksasi otot, karena kehangatan yang ditimbulkan oleh pijatan, respons refleks dan pembuangan tumpukan limbah, mendorong darah ke sepanjang pembuluh darah vena. Darah yang  miskin oksigen dan limbah dibuang, darah segar yang mengandung oksigen dan nutrisi dibawa ke otot. Laju metabolisme meningkat dan kondisi otot akan membaik. Pijat akan mengurangi rasa sakit, kekakuan, dan kelelahan otot yang dihasilkan oleh penumpukan limbah setelah kontraksi anaerobik. Pembuangan limbah metabolik ini, yaitu asam laktat dan karbon dioksida dipercepat dan fungsi normalnya lebih cepat pulih.

Sebuah studi juga mengungkapkan bahwa pijat setelah latihan dapat membantu meringankan rasa sakit dan juga membantu pembentukan otot lebih cepat. Untuk membuktikan hal tersebut, para peneliti meminta 11 pria untuk berolahraga sampai kelelahan. Setelah itu, mereka harus menjalani proses biopsi agar peneliti bisa mendapatkan jaringan otot untuk dianalisis. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa pijatan mampu mengurangi produksi senyawa sitokin yang berperan penting dalam peradangan. Pijatan juga dapat merangsang mitokondria, yaitu senyawa di dalam sel yang mengubah glukosa menjadi energi yang penting untuk fungsi dan perbaikan sel.

Hal ini membuktikan bahwa pijat dapat menghangatkan otot karena aliran darah meningkat, gesekan tangan yang bergerak di area kulit dan gesekan jaringan saat bergerak satu sama lain. Ini mengurangi ketegangan dan membantu relaksasi otot. Otot hangat berkontraksi lebih efisien dan lebih fleksibel daripada otot dingin. Dengan demikian kinerja ditingkatkan dan   kemungkinan ketegangan, keseleo, robekan atau cedera lainnya berkurang.

Nakamura Holistic Therapy selaku pusat refleksi terpercaya juga mampu mengatasi untuk nyeri otot yang dialami oleh Anda melalui  treatment Terpi Zona yang nantinya akan memfokuskan pada refleksi kaki. Terapi Zona inilah yang nantinya akan berfokus untuk meredakan otot otot yang mengalami ketegangan pada bagian kaki, sehingga Anda akan merasa lebih rileks dan mengurangi ketegangan otot.

Kesimpulan dari Dr Tarnopolsky, seorang profesor pediatri dan kedokteran di McMaster University di Hamilton, Ontario, mengatakan bahwa pijatan bekerja dengan cara yang sangat berbeda dari NSAIDS dan obat antiinflamasi lainnya. Obat-obatan tersebut memang dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit, tetapi sebenarnya dapat memperlambat penyembuhan. Sementara pijatan tidak hanya dapat menekan peradangan, tetapi juga benar-benar dapat meningkatkan pemulihan sel.

 

Referensi:

Halodoc. Diakses pada 2023. Apakah Nyeri Otot dapat Disembuhkan dengan Pijat



Pencarian

Kabar Terbaru

stats online users